Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,694 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Mulai Luntur, Semangat Kartini Perlu Ditumbuhkan Kembali

Posted by pasfmpati pada April 21, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Semangat perjuangan Raden Ajeng Kartini, terasa semakin luntur dan pudar. Untuk menumbuhkan kembali semangat emansipasi wanita, Pemerintah Kabupaten Pati tahun ini menggelar peringatan Hari Kartini, dengan upacara di Halaman Setkab Pati, Selasa pagi, 21 April 2009.

Belum sepenuhnya wanita Indonesia, khususnya di Kabupaten Pati memaknai perjuangan Raden Ajeng Kartini. Seiring dengan perjalanan waktu, semangat Kartini untuk mensejajarkan derajat dan martabat kaumnya, justru semakin luntur.

Wakil Bupati Kartina Sukawati mengaku prihatin, dengan semkain pudarnya peringatan Kartini dari tahun ke tahun. Keprihatinannya yang mendalam itu mendorongnya, untuk kembali menumbuhkan semangat perjuangan Kartini kepada generasi muda. “Untuk tahun ini, kita bikin seadanya dulu, dari ibu-ibu, SKPD maupun PNS dijajaran Setkab Pati, kebaya apa yang dipunya ya itu dulu. Kemungkinan tahun depan, kita arahkan ke kebaya seperti tradisi dulu, mirip Ibu Kartini masih hidup”, kata Wakil Bupati Kartina Sukawati.

Menurut Kartina Sukawati, ruh Kartini dalam pandangan hidup tetap melekat sepanjang masa, dan selalu berkembang seiring waktu. Untuk sekarang dianggap, kartini-kartini Indonesia sudah cukup, tapi  kedepan nanti akan ada perubahan. Wakil Bupati Kartina Sukwati mencontohkan, kuota perempuan diparlemen, yang sekarang masih dipatok 30 persen, pada masa mendatang harus dapat berkembang dengan prosentase yang lebih besar lagi. “Mungkin kita sekarang ini masih minta 30 persen di legislatif tapi tahun kedepan sudah tidak ini lagi. Mungkin bisa 40 persen atau mungkin kartini-kartini di Indonesia ini dapat berkiprah di segala bidang”, ujar Kartina Sukawati.

Dalam peringatan Hari Kartini, tahun depan, Wakil Bupati Kartina Sukawati berharap, tidak sekedar peringatan ceremonial yang rutinitas belaka, namun juga dapat mempromosikan potensi daerah, seperti kerajinan batik Bakaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: