Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,694 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Ekspor Produksi Udang PT Misaja Mitra Ke China Dan Jepang, Menurun

Posted by pasfmpati pada April 25, 2009

pasfmpati.net [Pati, Margoyoso] –  Eksport udang olahan asal Pati produksi PT. Misaja Mitra keluar negeri, semakin kurang. Hal ini tidak hanya persaingan dan globalisasi perdagangan bebas saja, tapi juga semakin rendahnya daya beli masyarakat tujuan ekspor akan udang asal Pati ini.

Muncul persaingan pasar akan udang olahan di era globalisasi, mengakibatkan PT. Misaja Mitra Pati, mengurangi produksinya. Bahkan dari tiga negara tujuan, seperti China, Thailand dan Jepang, kini yang dapat diandalkan hanya ekspor ke Jepang. Meski daya beli masyarakatnya sekarang semakin menurun.

Menurut Kepala Produksi dan Pembelian PT. Misaja Mitra Pati  Taat Djuly Dwiana, sejak berdiri pada tahun 1968 sampai sekarang, dari sembilan kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, tinggal tiga kantor cabang diantaranya yang masih beroperasi. Hal ini dikarenakan berbagai kendala, yang muncul. Diantaranya persaingan bisnis pengolahan udang yang semakin ketat, akibat pengaruh globalisasi. Sedang untuk hasil produksi, tutur Taat Djuly Dwiana, orientasinya lebih memprioritaskan Jepang. “Selain itu eropa, sampai dibawah 10 persen dari total produksi”, jelas Taat Djuly Dwiana.

Lebih lanjut tuturnya, hasil produksi yang banyak disuka masyarakat negara tujuan ekspor diantaranya, udang bertepung yang dalam bahasa Jepangnya Panko Ebei. Produk ini laku keras, karena masyarakat Jepang sangat menyukai udang dari perairan Indonesia khususnya dari Pati. “Itu yang jadi favorite disana, yang kedua noba seibie, dan sel on atau pick”, jelasnya.

Akibat persaingan pasar dan adanya kebijakan dari negara-negara tujuan ekspor, tiga  dan sembilan kantor cabang PT. Misaja Mitra yang masih tersisa, diantaranya berada di Kota Baru Kalimantan Selatan, Tarakan Kalimantan Timur, dan  di Desa Waturoyo Kecamatan Margoyoso Pati Jawa Tengah.  Di Pati ini, PT Misaja Mitra menggandeng sekitar 700 warga sekitarnya sebagai tenaga kerjanya, dan beberapa petambak sebagai mitra bisnisnya.

Satu Tanggapan to “Ekspor Produksi Udang PT Misaja Mitra Ke China Dan Jepang, Menurun”

  1. mau jual udang yang bagus kemana ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: