Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,694 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Majelis Hakim Tolak Seluruh Eksepsi Para Terdakwa Kasus Dugaan Penyanderaan

Posted by pasfmpati pada April 25, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Majelis Hakim menolak eksepsi atau keberatan hukum sembilan terdakwa kasus dugaan penyanderaan tim survey PT Semen Gresik, yang terjadi di Desa Kedumulyo Kecamatan Sukolilo, beberapa bulan lalu. Dengan ditolaknya eksepsi tersebut, sidang akan terus dilanjutkan dengan pemeriksaan saksi-saksi, pada Selasa,  28 April 2009 mendatang.

Penolakan Majelis Hakim yang dipimpin Hakim Ketua Farid Fauzi SH didampingi Hakim Anggota Totok Saptono Indarto SH, dan Suwarno SH disampaikan dalam persidangan dengan agenda putusan sela, Kamis siang,  23 April 2009.

Penolakan eksepsi sembilan terdakwa kasus dugaan penyanderaan tim survey PT. Semen Gresik tersebut, berlangsung dalam dua sidang terpisah. Sidang pertama dengan terdakwa Sudarto, Gunarto dan Kamsi, serta sidang kedua dengan terdakwa Zainul Wafa dan kawan-kawan.

Dalam uraian pertimbangan, tentang keberatan atau eksepsi mendapatkan pendampingan penasehat hukum, penyidik sudah pernah menawarkan pengacara yang ditunjuk. Tapi ditolak terdakwa, hingga akhirnya para terdakwa menunjuk sendiri pengacara yang tergabung dalam Jaringan Advokasi Peduli Pegunungan Kendeng (JAPPK). Sehingga keberatan tersebut ditolak.

Demikian halnya dengan keberatan terhadap syarat prosedural, syarat formal maupun dakwaan yang dinilai kabur atau obscure libel. Sebab keberatan tersebut akan dibuktikan dalam materi pembuktian.

Atas putusan sela yang menolak seluruh eksepsi itu, salah seorang penasehat hukum kesembilan terdakwa, Yusuf Wiranto SH menyatakan menghormati putusan Majelis Hakim. Dan setelah ini, tim penasehat hukum JAPPK, akan menyiapkan persiapan-persiapan untuk pembelaan pada sidang selanjutnya. “Karena sidang mendatang adalah sidang pembuktian dari Jaksa Penuntut Umum. Sekarang kita fokus pada persiapan pembelaan. Yang jelas kita melihat bagaimana saksi-saksi nanti dalam memberikan keterangan yang diajukan Jaksa Penuntut Umum. Meringankan atau tidak, tetapi kita juga menyiapkan saksi yang meringankan”, jelas Yusuf Wiranto.

Sidang lanjutan yang rencananya digelar dua kali sepekan ini, pada Selasa pekan depan,  28 April 2009, mengagendakan pemeriksaan saksi dari Jaksa Penuntut Umum.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: