Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,686 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Persaingan Antar Caleg, Turut Turunkan Angka Golput Di Pati

Posted by pasfmpati pada April 25, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Partisipasi masyarakat Kabupaten Pati, pada Pemilihan Umum Legislatif 9 April lalu, meningkat bila dibanding dengan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur beberapa waktu lalu. Salah satu faktor yang mempengaruhinya, diantaranya persaingan antar caleg untuk mendapat suara terbanyak,  dan jumlah parpol peserta pemilu juga banyak.

Peningkatan angka partisipasi masyarakat Kabupaten Pati untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu Legislatif lalu, mencapai diatas enampuluh persen. Angka ini melampaui tingkat partisipasi masyarakat yang menggunakan haknya pada Pilkada maupun PilBup.

Anggota KPU Kabupaten Pati, yang membidangi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Sumber Daya Manusia (SDM) Achmad Jukari menjelaskan, peningkatan angka partisipasi masyarakat atau turunnya angka golput di Pati ini, selain gencarnya sosialisasi oleh KPU sebagai penyelenggara pemilu, juga karena tingkat kampanye tertutup oleh para caleg dan pimpinan parpol lebih intensif, dibandingkan pemilu legislatif sebelumnya. “Kemudian persaingan yang lebih ketat, bagi konsekuensi ketentuan suara terbanyak bagi caleg terpilih untuk mendorong caleg lebih total dalam sosialisasi dan kampanye tertutup pada pemilu legislatif 2009.”, jelasnya.

Beberapa upaya KPU Kabupaten Pati untuk menurunkan angka golput dan meningkatkan angka partisipasi masyarakat menggunakan hak pilihnya, tutur Achmad Jukari, diantaranya melakukan kerjasama dengan organisasi massa. Seperti NU dan Muhammadiyah, untuk memanfaatkan ruang-ruang publik untuk mensosialisasikan pemillu melalui khotbah jumat di ratusan Masjid yang tersebar di Kabupaten Pati.

Berdasarkan data KPU Kabupaten Pati, tingkat partisipasi masyarakat pada pemilu legislatif maupun Pilpres putaran pertama 2004 lalu masih tinggi diatas delapan puluh persenan. Kemudian turun pada Pilpres putaran kedua 2004 menjadi dibawah tujuh puluh lima persen, dan turun lagi pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati  yang hanya lima puluh satu persen, dan turun kembali hingga 46 persen pada pemilihan Gubernur  pertengahan tahun 2008 lalu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: