Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,694 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Mabes Polri Beri Sinyal, Korban Bikin Laporan Baru Dugaan Perkosaan Ke Polwil Pati

Posted by pasfmpati pada April 27, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Setelah Mabes Polri memberi sinyal, dan mempersilahkan membuat laporan baru ke Polisi, mendapat tanggapan dari korban bersama keluarganya. Didampingi LSM Mapak dan Cenral Police Watch, korban bersama keluarganya mendatangi Polwil Pati, untuk membuat laporan baru, yang dilanjutkan dengan pemeriksaan keterangan korban dan saksi.

Senin pagi,  27 April 2009, sekitar jam 9, seorang gadis yang diduga menjadi korban perkosaan oknum Polisi anggota Polda Jateng, kembali mendatangi Mapolwil Pati bersama ayahnya. Kedatangannya yang didampingi Koordinator LSM Mapak Pati dan Central Java Police Wacth, untuk memberikan keterangannya, terkait peristiwa tragis yang dialami gadis yang sekarang ini berusia 17 tahun,  pada hari Selasa, 22 Januari 2008 lalu. Peristiwa tersebut terjadi di kost korban di Desa Ngarus Kecamatan Pati.  Koordinator LSM Mapak Pati Fariq Nur Hidayat yang diwawancara melalui selulernya mengatakan, agenda kedatangan korban dugaan perkosaan berinisial Mawar ini, hanya untuk menindak lanjuti pemberitaan di surat kabar terbitan tanggal  21 April 2009 lalu. Dalam surat kabar tersebut, Mabes Polri mempersilakan pihak keluarga Edi Subagyo, warga Dusun Karangdowo Desa Kertoharjo RT 01 RW 01 Kecamatan Pati Kota Kabupaten Pati, membuat laporan baru ke kepolisian, yakni terkait dugaan pemerkosaan terhadap anaknya, sebut saja Mawar  oleh oknum perwira Polisi Polda Jateng.

“Jadi dalam hal ini, keluarga pelaku pernah ngomong diganti dengan Rp.500ribu dan kamu jangan melawan polisi perwira. Kemudian dilaporkan ke P3D Polres Pati, karena dipaksa mencabut pernyataan untuk berdamai dan dikasih Rp.20juta. Uang diterima karena dipaksa untuk damai.” jelas Fariq Nur Hidayat.

Selain itu, tutur Koordinator LSM Mapak Pati Fariq Nur Hidayat,  dua buah handphone milik korban yang didalamnya tersimpat gambar-gambar mereka, diminta dan diganti.

Sementara korban dan orang tuanya menjalani pemeriksaan di Polwil Pati oleh penyidik Brigadir Widisari SH MH, sedang saksi dalam peristiwa dugaan perkosaan tersebut, menjalani pemeriksaan dirumahnya oleh penyidik Polres Pati. Sedang saksi lainnya, yang diduga mengetahui peristiwa tersebut, ujar Fariq Nur Hidayat belum dapat dimintai keterangannya, karena sudah pindah ke Sumatera.  “Dan perkara ini terjadi sejak dulu, yakni tahun 2008 tepatnya tanggal 22 Januari 2008.  Inti perkaranya waktu itu, pemerkosaan oleh oknum polisi.”, jelasnya. Lengkapnya perkara itu telah terjadi perkosaan oleh

Seperti PAS Pati kutip dari Surat Kabar Suara Merdeka, terbitan tanggal  22 April 2009, Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Irjen R Abubakar Nataprawira mengatakan, dugaan pemerkosaaan bukan delik aduan, dan merupakan masalah pidana. Namun masalah tersebut sempat diselesaikan secara kekeluargaan. Pasalnya, hal tersebut dikehendaki keluarga korban, dengan pertimbangan menjaga nama baik. Walaupun belakangan pihak keluarga meminta kasus tersebut diselesaikan secara hukum.

Dan polisi telah menghormati, agar perkara tersebut tidak diproses sesuai perundangan, karena orang tua korban minta kasus ini tidak dibawa ke pengadilan, karena aib. Saat itu, pihak keluarga juga meminta uang sebesar Rp 40 juta yang kemudian turun menjadi Rp 20 juta, ditambah sebuah telepon genggam.

Satu Tanggapan to “Mabes Polri Beri Sinyal, Korban Bikin Laporan Baru Dugaan Perkosaan Ke Polwil Pati”

  1. loh? menggugat duit atau menggugat hukum?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: