Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,661 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Ratusan Warga Pati Selatan, Kembali Unjuk Rasa Tolak Pabrik Semen

Posted by pasfmpati pada April 27, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Unjuk rasa menolak rencana pendirian Pabrik Semen di Sukolilo, kembali berlanjut. Berbeda dengan unjuk rasa sebelumnya, unjuk rasa yang berlangsung di depan halaman Kantor Bupati dan DPRD Kabupaten Pati kali ini, diwarnai dengan poster Gubernur Jawa Tengah dan Bupati Pati sebagai penjahat lingkungan.

“Tolak Pabrik Semen … Tolak Pabrik Semen … Tolak Pabrik Semen.”, teriakan pengunjuk rasa saat tiba di depan Kantor Bupati Pati, di Jalan Tombronegoro Pati.

Aliansi Rakyat Tolak Pabrik Semen, kembali berunjuk rasa ke Kantor Bupati dan DPRD Kabuapten Pati. Dengan menggunakan belasan truk, para pengunjuk rasa dari Kecamatan Tambakromo, Sukolilo, Gabus dan Kayen tersebut, kembali meneriakan penolakan mereka atas rencana PT Semen Gresik Tbk, mendirikan pabrik semen di Sukolilo.

Puluhan poster dan spanduk bernada penolakan dibentangkan para pengunjuk rasa. Mereka juga tak segan-segan mempertontonkan poster bergambar dan bertuliskan Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo, dan Bupati Pati Tasiman penjahat lingkungan.

Koordinator unjuk rasa Suyitno saat diwawancara mengatakatan, penolakan warga yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Tolak Pabrik Semen tersebut, karena dalam penyusunan Analisa Mengenai Dampak Lingkungan AMDAL, terdapat kesalahan. Karena analisa dilapangan secara faktual, tidak pernah dilakukan. Selain itu warga juga kawatir dengan debu yang dikeluarkan dari cerobong, saat pabrik mulai beroperasi, serta terjadinya banjir yang rutin terjadi setiap tahunnya disetiap musim hujan, dan kekeringan dimusim kemarau. “Dan sebenarnya konfirmasi atau sosialisasi terhadap masyarakat itu sangat terisolasi. Artinya yang diajak berkompromi hanya mereka aparat Pemkab, Pemprov, dan Pemerintahan Desa. Sementara kita tidak pernah diajak bareng-bareng dukung bersama mengambil keputusan bersama mengenai AMDAL yang dibuat PPMPL Undip.”ujarnya.

Bentuk kesalahan dalam penyusunan AMDAL juga terkait dengan terbitnya Surat Gubernur tertanggal 31 Desember 2008, tentang persetujuan kelayakan lingkungan hidup pembangunan pabrik semen di Sukolilo. Sehingga Surat Gubernur tersebut perlu dicabut. Karena terbitnya ketentuan AMDAL itu melanggar pasal 7 PP 27 tahun 1999. Serta menggunakan konsep-konsep definisi yang salah, yang berkaitan dengan  AMDAL. “Kami sepaham karena dampak lingkungan yang akan ditimbulkan PT. Semen Gresik Tbk begitu besarnya, sehingga AMDAL yang dibuat semen pemrakarsa yang dipercayakan kepada Undip itu adalah salah kaprah.”, jelasnya.

Ratusan petugas pengendalian dari Polres Pati, serta satu unit armada water cannon disiagakan, untuk menjaga kemungkinan terburuk saat berlangsungnya unjuk rasa Aliansi Rakyat Tolak Pabrik Semen.

Satu Tanggapan to “Ratusan Warga Pati Selatan, Kembali Unjuk Rasa Tolak Pabrik Semen”

  1. menurut perasaan gue, kemungkinan rakyat menolak adanya pabrik semen, karena mereka tidak ingin terjadinya suatu perubahan suasana di daerahnya. atau kemungkinan akan terjadinya cemburu sosial terhadap ekonomi yang menyebabkan adanya persaingan bisnis. gak tahu dhing yang jelasnya kayak apa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: