Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,717 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

KPU Libatkan PPDP, Mutakhirkan Data Pemilih Pilpres

Posted by pasfmpati pada April 29, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Banyaknya komplain masyarakat, terkait dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT), pada Pemilih Legislatif lalu, KPU kini mengubah pola pendaftaran pemilih pada Pemilihan Presiden (Pilpres).  KPU dalam pendataan pemilih pada Pilpres ini, akan mengerahkan ribuan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di setiap RT.

KPU Kabupaten Pati melibatkan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) untuk memvalidasi data pemilih ditingkat RT. Saat mendata ke rumah-rumah pemilih, PPDP akan didampingi Ketua RT dimana mereka melakukan sosialisasi dan coklit diwilayah kerjanya.

Anggota KPU Kabupaten Pati, yang membidangi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Sumber Daya Manusia (SDM) Achmad Jukari menjelaskan, PPDP ini bertugas untuk mendapatkan bahas DPS yang telah melakukan pencocokan dan penelitian atau coklit untuk diserahkan kepada PPS, sepengetahuan Ketua RT setempat. Selanjutnya PPS mengentri dan merekap hasil pendataan PPDP, untuk diumumkan sebagai DPS Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2009, pada tanggal 10 Mei 2009. “Kita minta agar proses pemutakhiran data pemilih yang diperpanjang hingga 10 Mei 2009 nanti, betul-betul dikawal sehingga petugas pemutakhiran data pemilih atau PPDP dan PPS itu betul-betul dapat mengoptimalkan waktu yang ada, untuk melakukan pemutakhiran data pemilih.”, katanya kepada PAS Pati.

Achmad Jukari mengharapkan kepada PPDP saat pendataan untuk mencermati adanya pemilih yang kemarin belum terdaftar, dan adanya pemilih yang meninggal dunia. Selain itu, yang perlu mendapat perhatian PPDP, adanya warga masyarakat yang tidak berdomisili dialamat yang tercantum dalam KTP yang bersangkutan.  Seperti mahasiswa, pekerja, dan penghuni lapas atau rutan, dan dipastikan berada ditempat sampai tanggal 8 Juli 2009 didaftar ditempat domisilinya. Untuk menghindari data ganda atau duplikasi, tutur Achmad Jukari, yang bersangkutan diminta untuk membuat pernyataan.  “Bahwa ia tidak terdaftar ditempat asal, atau bersedia mencabut namanya dari daftar pemilih tetap, jika sudah didaftar ditempat asal. Kebijakan ini diharapkan dapat mengantisipasi banyaknya pemilih yang tidak menggunakan hak suaranya, karena tercantum dalam DPT yang tidak memungkinkan dia menggunakan hak politiknya pada hari H pungutan suara, hanya karena jauhnya TPS dengan tempat domisilinya ”, jelas Achmad Jukari.

Bagi warga masyarakat yang telah memenuhi syarat tetapi namanya belum tercantum dalam DPS yang diumumkan tanggal 10 Mei mendatang, masih dapat memberikan masukan dan laporannya kepada PPS, PPDP dan Ketua RT setempat, pada tanggal 11 sampai 17 Mei 2009. Dari hasil masukan dan laporan PPS, PPDP dan Ketua RT selanjutnya melakukan coklit, sebagai DPS Hasil Perbaikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: