Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,717 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Tim Pemantau Independen, Temukan Pelanggaran Dalam Unas SMP/MTs Dan SMPLB

Posted by pasfmpati pada April 29, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Sampai hari ketiga pelaksanaan Ujian Nasional (UNAS) tingkat SMP, MTs dan SMPLB, Tim Pemantau Independen (TPI) telah menemukan adanya pelanggaran. Tidak hanya adanya pembatasan ruang gerak relawan TPI dalam pemantauan saja, tapi TPI juga menemukan adanya salah satu sekolah penyelenggara UNAS, yang menata meja kursi untuk peserta, yang menghadap jendela.

Dalam pemantauannya yang terbagi dalam delapan rayon, selama tiga pelaksanaan UNAS Tim Pemantau Independen (TPI) menemukan sejumlah pelanggaran. Mulai dari adanya oknum panitia yang keluar masuk kelas, untuk mengedarkan absensi, hingga masih ada temuan pengawas yang membiarkan, peserta UNAS saling bertukar jawaban.

Ketua Tim Pemantau Independen (TPI) Kabupaten Pati Endro Suwarno mengatakan, seperti pada penyelenggaraan tahun sebelumnya, UNAS tahun ini masih perlu penyempurnaan. Karena masih banyak pelanggaran selama tiga hari pelaksanaan UNAS tingkat SMP, MTs dan SMPLB. Bahkan masih ada relawan TPI yang diintimidasi salah satu sekolah penyelenggara UNAS, untuk tetap tinggal di dalam ruangan, dan melarang untuk melakukan pemantauan. Pelanggaran yang terjadi, ada seorang panitia yang masuk ruangan untuk mengedarkan absensi. “Sebenarnya yang boleh masuk dalam kelas, hanya seorang pengawas, dan siswa. Mestinya mereka (Panitia) itu tidak dibenarkan masuk dalam ruangan ujian, walaupun itu hanya untuk mengedarkan absensi saja.”, ujarnya

TPI juga menemukan pelanggaran yang terjadi disebuah MTs penyelenggara UNAS. Di MTs yang oleh Ketua TPI Kabupaten Pati Endro Suwarno untuk tidak disebutkan namanya itu, diketahui sengaja mengatur tata letak meja kursi bagi peserta UNAS, menghadap jendela. “Cara menata ruangnya itu tidak menghadap ke papan tulis seperti biasanya. Tapi menghadap ke jendela, dimana ada semacam kode-kode khusus yang disampaikan oleh oknum dari luar jendela.”, kata Endro Suwarno.

Selain itu, tutur Ketua TPI Kabupaten Pati Endro Suwarno, relawannya saat memantau juga masih menemukan kode jawaban soal. Tapi kode jawaban yang ada ditangan TPI itu, masih dalam penelitian kebenarannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: