Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,686 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

TPS Pilpres Maksimal Untuk 800 Pemilih

Posted by pasfmpati pada April 29, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilihan Presiden di Kabupaten Pati, akan menyusut dibanding Pemilihan Legislatif yang baru saja berlalu. Hal ini karena ada perubahan jumlah pemilih di setiap TPS, dari 300 pemilih per TPS menjadi 800 pemilih per TPS pada pelaksanaan Pilpres.

Setiap tempat pemungutan suara (TPS) dalam pelaksanaan Pemillihan Presiden (Pilpres) bulan Juli mendatang, ditetapkan hanya untuk 800 pemilih. Ketetapan ini dibuat berdasarkan surat keputusan Ketua KPU Pusat dalam hal penyusunan jumlah pemilih dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2009.

Anggota KPU Kabupaten Pati Achmad Jukari menjelaskan, penambahan pemilih per TPS karena masih ada permasalahan mengenai pemilih yang belum tertampung di dalam daftar pemilih tetap (DPT). Dampaknya, ribuan pemilih tidak dapat menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2009  di TPS dekat tempat tinggalnya. “Dalam memetakan DPS kedalam TPS agar tetap memberikan ruang terhadap pemilih yang kemungkinan belum terdaftar. Sehingga pada saat ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT), pada TPS tersebut jumlah pemilihnya tidak melebihi 800 pemilih”, jelasnya.

Agar pendataan lebih akurat, KPU Kabupaten Pati, tutur Achmad Jukari meminta, PPS tidak menggabungkan pemilih dari dua desa atau kelurahan, serta memperhatian letak geografis, batas waktu yang disediakan untuk pemungutan dan penghitungan suara di TPS, termasuk pertimbangan jarah yang harus ditempuh pemilih menuju ke TPS. “Setidaknya pendataan tersebut, lebih memudahkan pemilih dalam menggunakan hak pilihnya saat Pilpres berlangsung.”, katanya.

Ketentuan setiap TPS tidak boleh lebih melebihi 800 pemilih tersebut, berdasarkan surat KPU No  720/KPU/IV/2009 tanggal 17 April 2009 dan surat KPU Propinsi Jawa Tegah No 523/A/IV/2009, tanggal 18 April 2009, yang diterima KPU Kabupaten Pati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: