Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,686 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Distanak Sisir Peternak Babi, Waspadai Flu Babi

Posted by pasfmpati pada Mei 1, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Mengantisipasi merebaknya flu babi, Dinas Peternakan dan Pertanian (Distanak) Kabupaten Pati, menyisir dan memonitor tempat-tempat kebersihan sanitasi tempat peternakan babi yang ada diwilayahnya. Penyisiran dan monitoring tersebut dilakukan di tiga tempat peternakan babi, yang menjadi sasaran,  diantaranya di Kecamatan Pati, Tlogowungu dan Batangan.
Penyisiran dan monitoring ke tempat-tempat peternakan babi tersebut, melibatkan mantri ternak dan beberapa petugas dari satff Bidang Kesehatan Hewan Distanak Pati. Langkah tersebut sebagai antisipasi, atau pencegahan kemungkinan berjangkitnya flu babi.
Kepala Bidang Kesehatan Hewan pada Distanak Pati Purnadi saat diwawancara PAS Pati diruang kerjanya mengatakan, dengan monitoring langsung ke tempat – tempat peternakan itu, petugasnya juga melakukan pembinaan dan penyuluhan, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk. Terutama terkait dengan anjuran kebersihan sanitasi kandang ternah babi. “Dari bidang kesehatan hewan  Distanak juga memberikan disinfektan spektrum luas glutanol secara cuma-cuma kepada peternak babi.”, jelas Purnadi.
Tempat-tempat peternakan babi di Kabupaten Pati yang menjadi sasaran monitoring petugas Distanak, diantarnya peternakan babi di Dukuh Kranggan Kelurahan Pati Kidul dengan  44 ekor, peternakan babi di Desa Purwosari Kecamatan Tlogowungu dengan 40 ekor, dan peternakan di Desa Gunungsasi Kecamatan Batangan dengan 234 ekor.

Seperti penyakit flu yang lain, tutur Purnadi, ciri-cirinya mereka yang terinfeksi flu babi akan mengalami demam tinggi. “Masyarakat atau oranya yang terinfeksi (veteriner) nya,  biasanya  demam tinggi diatas 36 derajat celsius. Seperti gejala-gejala flu burung itu ya, terus mata iritasi dan sebagainya.” tutur Kabid Keswan Distanak Pati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: