Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,694 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Pemilih Pemula Pilpres Di Kab Pati Bertambah 5ribuan Lebih

Posted by pasfmpati pada Mei 1, 2009

pasfmpati.net [Pati, Pati] – Jumlah pemilih pada Pemilihan Presiden bulan Juli mendatang di Kabupaten Pati, dipastikan bertambah. Bertambahnya jumlah pemilih ini, terutama dari pemilih pemula. Menurut data di KPU yang diterima dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pati, penambahan pemilih tersebut lebih dari limaribuan warga.
Sebagai langkah untuk menghindari terulangnya, DPT bermasalah pada Pemilu Legislatif lalu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pati telah mengirimkan data pemilih pemula. Yakni mereka yang sampai tanggal 9 Juli 2009 telah memenuhi syarat untuk memilih dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pati H Ali Arifin SH.S.Sos. MM, seperti yang dikutip bagian Humas Setda Pati, dalam tahapan pemutakhiran data pemilih, seharusnya dilaksanakan sampai kebawah, dengan melibatkan Ketua RT,RW serta Kepala Desa.
Data kependudukan yang telah disiapkan Disdukcapil untuk lembaga tersebut, agar menjadi acuan.  Sebab, tutur Ali Arifin, tahapan pemutakhiran data pemilih potensial untuk pemilu legislative dan pemilu presiden dan wakil presiden tersebut harus dilakukan validasi sampai tingkat bawah.
Ali Arifin berharap, validasinya yang dilakukan KPU melalui Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) seharus menggunakan progam khusus. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya nama ganda masuk dalam data pemilih. “Karena itu, upaya tersebut baru bisa dilakukan bila validasi tesebut tidak dilakukan secara manual. Jika pembiyayaan untuk mengakses program itu KPU tidak tersedia,bisa mengajukan bantuan untuk kepentingan lain-lain kepada pemerintah kabupaten ( Pemkab) .” kata  Kepala Disdukcapil.
Data kependudukan yang sudah dikirim ke KPU untuk pelaksanaan Pilpres nanti, dipastikan ada  penambahan 5.619 pemilih, terutama pemilih pemula. 2.945 pemilih pemula pria dan 2.665 pemilih pemula perempuan.
Sehingga DPT Pilpres mendatang terdapat 1.008.918 pemilih, sedang pada pemilu legeslatif lalu DPT yang tercatat sebanyak 1.003.299. Untuk hasil validasi daftar  pemilih sementara (DPS), agar ditempel secara terbuka dipapan pengumuman pemerintah desa atau RT/RW, sehingga warga yang pada pemilu legeslatif lalu tidak terdaftar sebagai pemilih, dapat mendaftarkan namanya pada PPS terdekat.

Dan sesuai aturan KPU Pusat, bagi petuas PPS dapat terkena tindak pidana pemilu, bila mengabaikan warga yang datang mendaftarkan namanya, untuk Pilpres mendatang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: