Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,694 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

1.200 Ha Areal Pertanian Di Kecamatan Tambakromo Diserang Wereng

Posted by pasfmpati pada Mei 9, 2009

Pasfmpati.net [Pati, Tambakromo] – Serangan wereng coklat dan wereng putih di areal pertanian padi, membuat para petani di Kecamatan Tambakromo resah. Karena dengan datangnya serangan hama padi jenis wereng coklat ini, para petani mengkawatirkan tanaman padinya gagal panen.
Para petani di Kecamatan Tambakromo belakangan ini mengaku resah. Keresahan mereka akibat tanaman padinya, terserang hama wereng coklat sejak beberapa minggu ini. Terhadap permasalahan yang tengah dihadapi itu, para petani meminta Pemkab Pati dalam hal ini Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Pati, segera membantu penanggulangannya.

Sekretaris Kelompok Tani Yoso Tani Tambakromo Suwarno saat diwawancara melalui telpon menjelaskan, sampai saat ini hampir semua areal tanaman padi petani di Kecamatan Tambakromo seluas 1.200 hektar, terserang hama wereng baik tanaman yang berusia tua maupun tanaman berusia muda. Tapi rata-rata tanaman padi yang tengah berbunga. Meski petani telah mengupayakan dengan melakukan penyemprotan dengan obat, hasilnya tetap saja gagal. “”, ujar Suwarno.

Sekretaris Kelompok Tani Yoso Tani Tambakromo Suwarno menyayangkan sampai sekarang belum ada seorang petugas Distanak yang membantu meringankan beban petani di Kecamatan Tambakromo.

Kepala Distanak Kabupaten Pati Silvinus Pello Sibhaboka yang dikonfirmasi PAS Pati mengaku, memang untuk beberapa tempat sudah dilaporkan dan ditindak lanjuti dengan memberikan obat-obatan sejenis pestisida yang diperlukan petani. “Dari dinas itu secara berkelanjutan itu asal ada serangan hama tanaman, dari petugas pengamat hama tanaman biasanya meminta bantuan obat-obatan tergantung jenis hamanya. Dan memang sudah dilakukan secara rutin. Tapi untuk cakupan itu, saya pikir ya, angka itu belum dapat dipastikan seperti itu memang.”, ujar Silvinus Pello Sibhaboka.

Silvinus Pello Sibhaboka menambahkan, berdasarkan data yang masuk ke Distanak secara resmi, para petani yang mendapatkan bantuan itu berdasarkan laporan per kasus. Dan biasanya setelah musim hujan itu, selalu diikuti dengan kejadian tersebut, tapi secara rutin sudah ada antisipasinya.

3 Tanggapan to “1.200 Ha Areal Pertanian Di Kecamatan Tambakromo Diserang Wereng”

  1. koq kayak wayang aja, ada wereng coklat n wereng putih.

  2. sdrono said

    bener kok wereng coklat ada bahkan desaku jd korban keganasanya. sampai puso dan yang disayangkan tidak ada bantuan dari pemerintah baik berupa penyuluhan ataupun bantuan obat pembasmi ?

  3. rohni said

    aku punya solusi,! coba di pingiran sawah dikasih serabut kelapa tanem diatas batang kayu, terus di olesin ama terasi basah cap udang,.,.? ingsk alloh yg diserang terasinya bukan padi nya,! ….oke para petani moga sukses nya.,.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: