Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,686 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

20 Desa Belum Umumkan DPS Pilres 2009

Posted by pasfmpati pada Mei 15, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pati, menemukan adanya pelanggaran yang dilakukan PPS di 20 desa di Kabupaten Pati. Karena sampai sekarang PPS di 20 desa tersebut, belum memasang atau mengumumkan DPS Pilpres di desanya masing-masing. Padahal tengat waktu pemasangan DPS, untuk dapat diketahui pemilih Pilpres sudah berjalan sejak 11 Mei 2009 lalu.

Tengat waktu pengumuman DPS Pilpres, hanya berselang selama tujuh hari. Tapi hingga memasuki hari keempat ini, masih ada PPS yang belum mengumumkan DPS hasil pendataan Petugas Pencatat Data Pemilih (PPDP) ke masyarakat. Padahal DPS tersebut menjadi acuan bagi warga, sebelum daftar nama warga ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Ketua Panwaslu Kabupaten Pati Fathur Rahman menilai, belum adanya pengumuman DPS yang ditempel di Balai Desa oleh PPS merupakan salah satu bentuk pelanggaran pemilu. Dari hasil temuan Panwaslu, tutur Fatur Rahman,  20 desa yang tersebar di delapan kecamatan diketahui PPS nya belum mengumumkan DPS. “Hasil dari pemantauan kami dilapangan, itu ada beberapa permasalahan yang salah satunya adalah belum selesainya penyusunan DPS. Sehingga mereka belum dapat mengumumkan secara komplit, mungkin ada pengunduran waktu. Tapi bagi kami itu aturan yang ditetapkan KPU kok dilanggar.”, jelasnya.

Menurut Ketua Panwalu Kabupaten Pati Fathur Rahman, temuan panwas tersebut berdasarkan pantauan Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) yang menyebar disetiap desa. Yang kemudian ditindak lanjuti Panwaslu Kabupaten Pati. Hasil pengawasan atas proses penyusunan daftar pemilih yang dilakukan secara acak, ternyata masih ada  20 dari  406 desa dan kelurahan di Kabupaten Pati yang belum mengumumkan DPS pilpres. “Kalau menurut petunjuk teknis (juknis)nya, RT/RW memang dilibatkan untuk membantu proses pendataan data pemilih. Tapi kenyataannya dilapangan, ada beberapa desa kami temukan RT/RW belum bisa dilibatkan. Ini karena apa saya kurang tahu. Mungkin kurangnya komunikasi PPS dengan desa, ataupun PPS dengan RT/RW. Saya juga menemukan itu, RT/RW nya belum jalan, karena ada pemahaman bahwa proses itu menjadi tanggungjawab PPDP.”, kata Fathur.

Keduapuluh desa yang PPS nya belum mengumumkan DPS hasil pendataan PPDP, sampai hari keempat ini, diantaranya tersebar di Kecamatan Gembong empat desa, Pucakwangi satu desa, Gabus satu desa, Margoyoso enam desa, Juwana 3 desa, Tambakromo satu desa, Sukolilo empat desa dan Kecamatan Batangan 2 desa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: