Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,694 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

LBH Advokasi Nasional Pati Sarankan Pemkab Lebih Arif Sikapi Pembangunan Pabrik Semen

Posted by pasfmpati pada Mei 16, 2009

pasfmpati.net [pati, Kota] – Rencana pembangunan pabrik semen oleh PT Semen Gresik di Sukolilo, memerlukan sikap arif Pemkab Pati. Dan munculnya pro dan kontra terhadap rencana investasi tersebut, juga perlu mediator dari pihak yang independen.

Sampai sekarang Pemerintah Kabupaten Pati dan Pemerintah Propinsi Jawa Tengah masih membahas kapan waktu yang tepat untuk pencanangan rencana pembangunan pabrik semen di Sukolilo. Meski waktunya belum jelas, tetapi beberapa media cetak terbitan nasional, sudah menyebutkan pencanangan rencana pembangunan pabrik tersebut, dijadualkan pada hari Sabtu, 16 Mei 2009. Tapi sampai berita ini diturunkan, rencana tersebut belum dapat dikonfirmasi. Diperkirakan pencanangan rencana pembangunan pabrik semen itu, diundur.

Terhadap akan dilakukannya pencanangan rencana pembangunan itu, Koordinator LBH Advokasi Nasional Pati Maskuri SH, angkat bicara. Maskuri SH kepada PAS Pati mengatakan, secara administrative dan yuridis formal, mekanisme pendirian pabrik semen telah dilalui dan terpenuhi. “Jadi secara procedural sudah clear. Tapi secara de fakto, aspek-aspek dan factor lainnya seperti aspek social, cultural dan psikologis juga harus menjadi perhatian dan pertimbangan.Khususnya pihak yang kontra. Sehingga idealnya, kata Maskuri SH, pencanangan tersebut hendaknya ditunda terlebih dulu, untuk mengakomodir kepentingan para pihak.”, jelasnya.

Selain itu, tambah Maskuri penundaan tersebut juga sebagai kerangka kemaslahatan, dan jangan sampai dengan pencanangan yang terkesan dipaksakan justru berdampak negative terhadap citra Pati, kaitannya dengan investasi. Semisal terjadinya tindakan anarkhis dari masyarakat yang kemudian direspon dengan tindakan represif dari aparat keamanan dan akhirnya memakan korban jiwa. Hal ini justru akan membuat iklim di Pati tidak kondusif. “Apakah dengan alas an investasi lalu harus dibayar dengan mengorbankan nyawa masyarakat?, atau apa cost semahal itu hanya untuk sebuah investasi? Kan tidak begitu.”, ujarnya.

Masih menurut Koordinator LBH Advokasi Nasional Pati Maskuri SH, sekarang ini Pemkab harus membuka komunikasi yang fair dan sehat untuk menemukan fomulasi yang tepat. Yakni diperlukan kearifan Bupati Pati dan Gubernur Jawa Tengah.
Maskuri berharap, harus ada pihak netral dan independent untuk memfasilitasi dan memediatori pihak yang pro dan yang kontra, tentu dengan tidak mengorbankan kepentingan investor, dan masyarakat sekitar, sehingga tercapai islah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: