Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,686 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Dengan Penggratisan Pengurusan KTP, Pemkab Tetap Upayakan Peningkatan PAD

Posted by pasfmpati pada Juli 6, 2009

pasfmpati.com (Pati, Kota) – Pemerintah tetap mengupayakan anggaran untuk menunjang program KTP gratis yang masih menunggu persetujuan Gubernur Jawa Tengah. Setidaknya anggaran tersebut, untuk menutup terhapusnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari restribusi biaya cetak KTP.

Dengan penggratisan biaya pembuatan KTP, yang tinggal menunggu persetujuan dari Gubernur Jawa Tengah, sudah dapat dipastikan, retribusi biaya pengganti cetak KTP dan akta catatan sipil menjadi nol rupiah, pada APBD tahun 2009 mendatang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pati, Ali Arifin menjelaskan, tentunya dengan penghapusan tersebut nantinya Pemkab Pati, berupaya untuk mencarikan pengganti PAD dari retribusi ini, sebesar yang ditargetkan sebelumnya. Yakni pada tahun anggaran ini semestinya Disdukcapil dari retribusi ini ditarget Rp. 864 juta. Tapi tidak semua pembuatan KTP gratis, karena bagi WNA yang menghendaki KTP masih terkena biaya retribusi biaya pengganti cetaknya.  Dalam perda itu nantinya, tutur Ali Arifin, besarnya retribusi pembuatan KTP bagi WNA masih dikenai Rp.10ribu.  “Ya setidaknya nanti pemerintah harus mencari pengganti PAD yang dihapus, setelah adanya persetujuan Pemkab dan Dewan, terhadap pembebasan biaya pembuatan KTP.”, ujar Ali Arifin.

Bupati Pati Tasiman yang dimintai tanggapannya, menyoal terhapusnya PAD  Kabupaten Pati dari restribusi pengganti biaya cetak KTP dan akta catatan sipil mengatakan, memang PAD Kabupaten Pati untuk terus dipompa, untuk membiayai pembangunan. “Biaya itu dari Pemerintah memang kita gratiskan, mengenai penambahan insentif bagi petugas pembantu di kecamatan-kecamatan, akan diatur oleh Disdukcapil.”, kata Bupati Pati.

Sementara retribusi-restribusi lainya juga masih tetap dikenakan kepada pemohonnya oleh Disdukcapil, seperti kutipan akta kelahiran, kutipan akta perkawinan, kutipan akta perceraian  sampai pencatatan perubahan identitas, dan surat keterangan lainnya yang dikeluarkan oleh instansi pelaksana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: